Tugas 4 : Algoritma dan Pemrograman kasus elektro

Posted: July 4, 2015 in Uncategorized

Flowchart Looping Light Detector Robot

flowchart looping

penjelasan tentang flowchart Robot Light Detector :

  1. Langkah pertama, cek apakah ada sumber tegangan yang masuk ke dalam rangkaian atau tidak, jika tidak ada sumber tegangan, program akan langsung berhenti. Jika ada sumber tegangan, program akan lanjut ke langkah kedua, yakni mengecek kedua sensor, apakah aktif atau tidak.
  2. Langkah kedua, melakukan pengecekan apakah kedua sensor dalam keadaan aktif atau tidak, jika ya, motor DC akan diam dan kembali ke langkah 1, begitu seterusnya sampai kedua sensor aktif bernilai false atau salah.
  3. Langkah ketiga, cek apakah sensor depan aktif atau tidak. Jika ya, robot akan bergerak maju, program akan kembali ke langkah 1 untuk mengecek apakah sumber tegangan masih ada dan cuma satu sensor saja yang aktif, program akan terus berulang dan robot akan terus bergerak maju selama sensor depan masih dalam keadaan aktif. Jika sensor depan tidak aktif, program akan melanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Langkah terakhir, pada dasarnya sama dengan langkah ketiga, namun yang dicek adalah sensor belakang. Jika sensor belakang aktif, robot akan bergerak mundur, dan jika tidak aktif, robot akan diam. Program akan terus berulang dari langkah pertama sampai langkah keempat selama tegangan masih mengalir, jika tidak ada sumber tegangan, barulah program akan berhenti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s