Apakah proyek MRT bisa mengurai kemacetan di ibukota jakarta?

Posted: January 7, 2014 in Uncategorized

Mungkin pertanyaan dari masyarakat jakarta “apakah MRT bisa mengurai kemacetan”? pertanyaan seperti itu mungkin masyarakat masih ragu mana mungkin sebuah monorel bisa mengurai kemacetan yang ada pas proyek makin macet, dari sebelum-sebelumnya saja kita sering dengar bus way? yah transportasi darat ini yang ada dijakarta katanya bisa mengurai kemacetan tetapi apa malah jalan umum menjadi korban jalur bus way ini,jalur jadi semakin menyempit. lebih lucunya lagi pemerintah malah mengurusi pengguna motor yang masuk ke jalur bus way yang dikenai tilang 500 ribu hingga 1 juta. sekarang pemerintah meluncurkan proyek baru yaitu MRT katanya sih bisa mengurai kemacetan liat kedepan saja apakah proyek ini benar-benar bisa mengurai kemacetan apa hanya buang-buang duit saja entahlah.Sah-sah saja Jokowi ingin Jakarta punya MRT seperti di China,atau dimanapun itu..tapi ada hal-hal yang harus dilihat oleh Jokowi dan Ahok sebelum melakukan itu.

Hal yang paling penting yang harus diperhatikan adalah :

  1. kondisi lingkungan
  2. beban tanah atau kontruksi tanah
  3. tentu saja warganya
  4. anggaran

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Jokowi sebelum melaksanakan itu.Kalau menurut saya,MRT harusnya tidak perlu dilanjutkan karena bukan hanya dari sisi anggaran tapi dari sisi lingkungan akan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang akan semakin parah MRT dimata saya tidak juga akan bisa mengatasi kemacetan jika warganya saja tidak mau diajak untuk naik MRT apalagi angkutan umum lainnya lihat saja buktinya betapa banyak motor di Jakarta yang lalu-lalang di ibukota Jika sosialisasinya kurang diberikan oleh Pemprov DKI untuk meyakinkan warganya untuk beralih ke angkutan umum,maka itu sama saja MRT itu menjadi mubazir, Benar tidak?

Kalau Pemprov DKI masih bersikeras melanjutkan proyek tersebut maka Pemprov DKI harus mencakup seluruh wilayah Jakarta termasuk di Kepulauan Seribu..karena ini bukan hanya tentang mengatasi kemacetan tapi pasti ini akan berdampak pada sektor pariwisata nantinya.Tapi salah satu dampak negatifnya adalah angkot,METRO MINI,PATAS dll akan kehilangan pemasukannya termasuk kereta api. segitukah proyek MRT sampai-sampai harus mengorbankan yang lain pasti anda bisa menarik kesimpulanya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s