Alasan Memilih jurusan Teknik Elektro

Posted: January 5, 2014 in Uncategorized

Gambar

Garis besarnya teknik adalah ilmu yang diterapkan untuk menyelesaikan masalah manusia dengan teknologi. Dapat disimpulkan berarti teknik sudah ada sejak zaman manusia purba. Manusia purba membuat alat seperti kapak dan pisau dari batu untuk memudahkan pekerjaan mereka.

saya menulis tentang jurusan teknik elektro ini karena saya sendiri adalah seorang mahasiswa teknik elektro di PTS terkenal di depok yaitu universitas gunadarma, teknik elektro atau bahasa inggrisnya (Electrical Engineering) adalah salah satu disiplin ilmu di bidang teknik yang mengamati pola gerakan elektron-elektron dalam suatu piranti serta pemanfaatan dan pengaplikasiannya menjadi suatu informasi. Jadi lulusan dari teknik elektro bukan hanya akan bekerja di bengkel sebagai teknisi. Tetapi juga menciptakan lulusan dengan analisa dan disiplin yang tinggi, sehingga bisa menjadi mandiri dan siap bersaing dengan lulusan dari jurusan lain.Bidang aplikasi elektro antara lain perancangan, pemanfaatan, pengembangan dan perencanaan perangkat keras maupun lunak seperti komputasi, instalasi listrik, sistem kendali, medis, robotika, hingga telekomunikasi. Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan teknik elektro merupakan disiplin ilmu dengan lapangan pekerjaan yang cukup besar di masa kini. Tidak diragukan, hampir semua kebutuhan manusia saat ini bergantung pada pesatnya teknologi terutama dengan barang elektronik.

tulisan diatas adalah alasan saya mengapa saya memilih jurusan teknik elektro,lapangan kerja yang luas saya yakin lulusan dari teknik elektro bersaing dikerasnya dunia kerja. saya akan bercerita sedikit tentang saya yang dulunya terpaksa memilih teknik elektro karena dorongan dari om saya yang menyuruh saya untuk masuk ke jurusan teknik elektro tadinya saya sebelom memilih teknik elektro saya memilih jurusan sistem informasi, tetapi menurut om saya lulusan dari jurusn SI ini sangat banyak sekali jadi om saya menyarankan saya untuk ke jurusan teknik elektro, om saya juga bukan orang pintar dibidang elektronika dia juga tidak kuliah tetapi om saya ada kemauan untuk belajar otodidak tentang apa itu elektro dan dia sekarang menjabat sebagai teknisi di PLTA daerah jakarta, om menjanjikan kepada saya kalo saya lulus nanti saya akan bekerja bersama dia dan meneruskan kerjaan om saya karena om saya akan pensiun, pertamanya sih sedikit berat karena saya terpaksa memilih jurusan yang saya tidak inginkan, tetapi dorongan saya untuk masa depan yang sukses dan membuat orang tua saya bangga melumpuhkan semua ego keras saya. pelajaran di teknik elektro emang susah buat saya yang lulusanya STM, tetapi semenjak dijalanin semua terasa mudah walau ada saja pelajaran yang membuat saya tidak mengerti,itulah alasan ke dua saya memilih teknik elektro.

walaupun teknik elektro peminatnya sedikit saya yakin saya akan sukses di jurusan ini, banyak sekali yang meremehkan jurusan ini karena mereka tidak tau apa itu teknik elektro pikiran mereka pasti jadi tukang servis dan lain-lain pokoknya rendah lah penilaian mereka yang tidak suka jurusan ini,padahal dibalik peminatnya yang sedikit banyak sekali yang membutuhkan SDM dari jurusan teknik elektro.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s