Kepribadian Bangsa Timur

Posted: March 14, 2013 in Uncategorized

   3. KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

       Francis L.K Hsu, sarjana amerika keturunan china yang mengkombinasikan dalam dirinya keahlian didalam ilmu antropologi, ilmu osikologi, ilmu filsafat, dan kesastraan china klasik. Ilmu psikologi memang timbu diwilayah barat dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting biasanya menganalisis jiwa manusia .

      Sampai sekarang ilmu psikologi di Negara-negara barat itu terutama mengembangkan konsep-konsep dan teori –teori mengenai aneka warna isi jiwa, serta metode-metode dan alat-alat meganalisis dan mengukur secara detail variasi isi jiwa individu itu. Untuk mwnghindari pendekatan terhadap jiwa manusia itu, hanya sebagai subjek yang terkandung dalam batas individu yang terisolasi. Maka Hsu telah mengembangkan suatu konsep bahwa dalam jiwa manusia sebagai makhluk sosial budaya itu mengandung delapan daerah yang seolah lah yang seolah seoerti lingkaran-lingkaran konsentris sekitar diri pribadi.

     Nomer 7 dan nomer 6 disebut daerah tak sadar dan sub sadar. Sementara pada nomer 5 disebut kesadaran yang tak dinyatan (unexpressed conscious), dan nomer 4 kesadaran yang dinyatakan (expressed conscious). Nomer 3 disebut lingkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang , binatang ataupun benda-benda yang oleh si individu tersebut di ajak bergaul secara mesra dan karib. Nomer 2 disebut lingkungan hubungan berguna, tidak lagi ditantai oleh sikap saying dan mesra, melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan dari orang lain, binatang taupun benda-benda itu bagi dirinya. Nomer 1 disebut lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dalam alam jiwa manusia benda alat dan pengetahuanadat yang ada dalam kebudayaan masyarakat itu sendiri. Tetapi jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

   Nomer 0 disebut dengan lingkungan dunia luar, terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan yang hamper sama dengan pikiran yang terletak dalam lingkungan nomer 1, hanya yang membedakannya adalah pikiran-pikiran dan tanggapannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s